Penerapan Media Powtoon dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X-4 SMA N 5 Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, A., Sukmawati, I., & Yulyawan, E,. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal, 1 (09), 1840—1852. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.259
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Andini, S., Fitriana, L., & Budiyanto, C. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11(2), 245-253. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i2.38270
Anggita, Zulfah. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Covid-19. Jurnal Bahasa & Pengajaran, 7 (2), 44—52. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538
Asra, A., & Jihad. (2020). Pemanfaatan Powtoon sebgai Media Menulis dalam Pembelajaran Teks Cerita Sejarah. Jurnal Education Development, 8 (4), 234—2499. https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.2140
Awalia, I., Subhan, A., & Pamungkas, T,. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10 (1) 53—56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Ayu, S, P,. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Respirasi Kelas XI SMA. Skripsi. FKIP Universitas Riau. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/31494
Deliviana, E., Suwarno, M., & Handayani, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon tentang Siklus Air untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 115-124. https://doi.org/10.21009/JPD.010.11
Fauziah, Q,. (2023). Penerapan Metode Wawancara Narasumber Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Tanggapan. Jurnal Language, 3 (2), 77—83. https://doi.org/10.51878/language.v3i2.2305
Fitriyani, Nina. (2019)/ Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6. (1), 106—112. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/950
Gulo, I, P.., & Noveri A, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Struktur Teks Negosiasi Di Smk Negeri 3 Gunungsitoli. Jurnal Lingua Franca, 7 (2), 164—173. https://doi.org/10.30651/lf.v7i2.19929
Marjuki.(2020). Model Pembelajaran PAIKEM Berbasis Pendekatan Saintifik. Indoneisia. PT Remaja Rosdakarya.
Nabila., Charlina., & Sinaga, M,. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Animaker Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Teks Eksplanasi Siswa Kelas 8 Smp Kartika 1-5 Pekanbaru. Jurnal Transformatika, 8 (1), 107—115. https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.1497
Nurromdon., Permana, I., & Ahmadi, Y,. (2023). Respons Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon Pada Pembelajaran Teks Negosiasi Siswa Kelas X. Jurnal Parole, 6 (6), 535—544. https://doi.org/10.22460/parole.v6i6.17715
Nursolihah, M.., & Widianti, M,. (2020) Analisis Karakteristik Khusus Teks Negosiasi. Jurnal Literasi, 10 (1), 20—32. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i1.2062
Pais, M. H. R., Nogués, F. P., & Muñoz, B. R. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(6), 120-131. https://doi.org/10.3991/ijet.v12i06.7025
Patonah, S., Syahrullah, A., & Firmansyah, D,. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Di Kelas X Smk Lentera Bangsa. Jurnal Parole, 1 (5), 805—815. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1269
Purwanto, A., & Gunawan, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 55-62. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v9i1.38598
Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/15985/
Sania, K., Yogica, R., Ristiono, R., & Selaras, G. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-visual Bermuatan Literasi Sains Menggunakan Aplikasi Powtoon tentang Materi Keanekaragaman Hayati. BIODIK, 8(1), 109 - 119. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.17011
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Pendekatan Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, L., & Ningsih, K. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Negosiasi Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 48-57. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v10i1.44362
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.
Wiyda, A., & Nur, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (06), 6197—6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696
Yolandasari, M. B. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Universitas Kristen Indonesia Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/9550/
Yusri, R., Rosida, A., Jufri, J., & Mantasiah, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Powtoon pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional LP2M UNM, 1(1), 648-651. https://doi.org/10.26858/pps.v1i1.6960
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9513
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9513.g3482
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ana Amalia, Ngatmini Ngatmini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
