Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menyimak Video Melalui Media Wordwall“Open The Box” Peserta Didik X C SMAN 5 Kupang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Amaliyah, R. D., & Rahayu, E. M. (2023). The Implementing of Using Wordwall as a Media to Improve The Students’ Vocabulary Achievement in New Normal Era. Edu-Ling: Journal of English Education and Linguistics, 6(2), 165-174. https://doi.org/10.32663/edu-ling.v6i2.3571
Amanda, S., Zulkim, S. N., Adrias, A., & Alwi, N. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(4), 304-313. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i4.842
Amir, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII MT’S Mallari Kabupaten Bone. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 127-138. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i3.122
Arief, Z. A., & Raini, Y. (2024). Development of Wordwall Educational Game-Based Evaluation Instruments in Mathematics Subjects in Class IV SDN Laladon 02 Bogor Regency Fy 2023/2024. Educational Researcher Journal, 1(3), 1-13. https://dx.doi.org/10.30595/alphamath.v10i1.21582
Chamdani, A. M., & Lestari, A. S. B. (2024). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Gameshow Quiz Wordwall pada Materi Segitiga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3282-3288. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12903
Dheni, D. R., Nawawi, E., & Saputra, D. (2024). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media interaktif wordwall untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan pancasila di kelas V SD Negeri 241 Palembang. Journal Sains Student Research, 2(6), 195-205. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.2956
Efendi, M., & Amri, M. (2023). Pengaruh Media Quiz Wordwall Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Khadijah Surabaya 2022/2023. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin UNESA, 1(1), 55-61. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/55177
Ennis, R.H. (1985). Goal for a Critical Thinking Curriculum, Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASDC.
Facione, P. A. (2020). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment. Diperoleh 3 Juli 2023 dari https://www.insightassessment.com/article/critical-thinking-what-it-is-and-why it-counts
Faizin, N., Handayani, S., & Umaya, N. M. (2024). Penerapan Media Wordwall dalam Pembelajaran Teks Biografi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2), 186-191. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16251
Fakhruddin, A. A., Firdaus, M., & Mauludiyah, L. (2021). Wordwall application as a media to improve arabic vocabulary mastery of junior high school students. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 217. https://doi.org/10.29240/jba.v5i2.2773
Faroh, N. N. (2024). Peningkatan hasil belajar muatan IPS dalam pembelajaran jarak jauh dengan menerapkan permainan open the box siswa kelas IV SDN 2 Kalirejo. Jurnal Analisis Pendidikan Sosial, 1(4), 70-75. Retrieved from https://journal.sintesia.id/index.php/japs/article/view/42
Fitria, T. N. (2023). Creating an Education Game Using Wordwall: An Interactive Learning Media for English Language Teaching (ELT). Foremost Journal, 4(2), 17-30. http://dx.doi.org/10.33592/foremost.v4i2.3610
Hakim, M. L., & Rafiq, M. A. (2024). Desain Media Games Quiz Box Word Wall Net pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah di Kelas VIII. Jurnal Biogenerasi, 10(1), 396-405. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v10i1.4796
Haliza, V. N., Dewi, D. A., & Mulyana, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall terhadap Pemahaman Konsep Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 16195-16221. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.14695
Hastuti, T. P., Fikriyah, F., & Susilawati, S. (2024). Penerapan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Unsur Intrinsik Kelas V di SDN 1 Bangodua. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 3383-3387.
Kamswara, C. V., Chasanatun, F., & Sumeni, M. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall pada Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 02 Tawangrejo Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1495-1502. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.425
Khoirunnisa, A., Miftak, F., & Fitriyana, W. (2023). Student's Behavioral Engagement on The Use Of Wordwall. Net In Vocabulary Learning. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 1-8. https://doi.org/10.5281/zenodo.10405249
Kumar Bhowmik, M., Ping Lim, C., Smith, M., & L Tinio, V. (2018). Digital Learning for Developing Asian Countries: Achieving equity, quality and efficiency in education. In Routledge international handbook of schools and schooling in Asia. Taylor & Francis.
Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall. net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395-412. http://dx.doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3
Latifatusadiah, T., Widiastuti, H., Prawiyogi, A. G., & Amelia, M. (2024). The Effect of Using Open the Box Type Wordwall Educational Game on Students' IPAS Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7474-7479. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.8711
Latifatusadiah, T., Widiastuti, H., Prawiyogi, A. G., & Amelia, M. (2024). The Effect of Using Open the Box Type Wordwall Educational Game on Students' IPAS Cognitive Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7474-7479. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.8711
Mardhiyah, A. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran Wordwall sebagai evaluasi pembelajaran pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Muta’allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 481-488. https://doi.org/10.18860/mjpai.v1i4.2710
Medina, R. O. D., Mobit, M., & Puspitaloka, N. (2024). Game-Based Wordwall in Vocabulary Learning: a Teacher’s Implementation and Students’ Views. Journal of Educational Sciences, 847-857. https://doi.org/10.31258/jes.8.4.p.847-857
Munadi, Y. (2008). Learning Media A New Approach. Gaung Persada.
Muzdalifah, M., & Nuryanti, M. (2020, November). Wordwall Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Indonesia Secara Daring Pada Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Internasional Seminar Kepakaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (SEMAR BIPA) (Vol. 3, No. 1, pp. 211-218). https://conference.umk.ac.id/index.php/semarbipa/article/view/289
Nurammida, N., Nizarrahmadi, N., & Yolanda, A. (2024). The Effectiveness Of Wordwall Game As Media To Teach Students English Vocabulary Mastery Of Eighth Grade. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(03), 283-292. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.937
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. 2021. ”Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall”. 3, 70–77. https://doi.org/10.32493/al-jpkm.v3i1.17052
Rahmadanti, A., Amril, L. O., & Efendi, I. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(1), 117–125. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i1.1086
Riska Putri, R. M., Sudarno, S., & Octoria, D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning dengan Media Wordwall terhadap Keterampilan Berpikir Kritis (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Surakarta Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Tahun Ajaran 2023/2024). Journal on Education, 6(2), 12302-12313. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5075
Sadiman, A. S. (2008). Educational Media, Definition, Development, and Utilization. Rajawali Press.
Safitri, D. S. N., Fadhilawati, D., Sutanti, N., & Sari, H. P. (2024). Evaluating the Impact of Wordwall on Improving Students’ Vocabulary in Recount Text at SMPN 01 Gandusari. EDUJ: English Education Journal, 2(2), 11-16. 7
Safitri, D., Awalia, S., Sekaringtyas, T., Nuraini, S., Lestari, I., Suntari, Y., ... & Sudrajat, A. (2022). Improvement of Student Learning Motivation through Word-Wall-based Digital Game Media. Int. J. Interact. Mob. Technol., 16(6), 188-205. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i06.25729
Saputra, H. (2020). Mathematical Critical Thinking Ability. Perpustakaan IAI Agus Salim.
Saputri, S. N., Drajati, N. A., & Sukmawati, F. Development of Wordwall Educative Games Applications as Learning Media For Understanding PJOK Materials For Elementary Students. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 6, No. 2, pp. 241-250). https://doi.org/10.20961/shes.v6i2.80034
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Training on the Use of Quizizz and Wordwall Applications in Science Learning for Teachers of Sdit Al-Kahfi. 4(April), 195–199. http://dx.doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Satwikam. (2018). Application of Problem Based Learning Model to Improve Students' Critical Thinking Ability. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik). Volume 3, Nomor 1 Tahun 2018, Halaman 7-12.
Suarmini, N. K. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tegallalang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Sugiani, W. (2022). Aplikasi Berbasis Word Wall pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Guru Indonesia, 2(2), 82-87. https://doi.org/10.51817/jgi.v2i2.273
Suraya, & Asma, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Mt’s Mallari Kabupaten Bone. BEGIBUNG: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 127–138. https://doi.org/10.62667/begibung.v2i3.122
Syahrani, S., Kustati, M., Amelia, R., & Gusmirawati, G. (2024). Implementation of game-based learning media using wordwall applications in increasing students'learning motivation in islamic religious education subject. Journal Of Humanities And Social Studies, 2(04), 1435-1442.
Syamsuddin, R. (2021). Buku keterampilan berbahasa indonesia. Universitas Negeri Makassar, 59. Diakses dari https://www.inlislite.masyamsululum.sch.id/uploaded_files/temporary/DigitalCollection/NDU0NDQ4ZDIwNDQ2OWM0NzQ0YzE2ZDczZDU3NTEzYzhhZWUyMzBhNg==.pdf.
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai keterampilan berbahasa. Angkasa.
Togatorop, T.T., Nisa, K., & Masdawani (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Tanggapan Di Smp Negeri 6 Kisaran. LINGUISTIK :Jurnal Bahasa dan Sastra.
Tondang, H., Amri, Y. K., & Nadeak, H. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Metode Concept Sentences Melalui Media Website Edukasi Pada Kelas X SMK Negeri 6 Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14646-14659.
Umar, U., Rahman, R. A., Mandarsari, P., Mawarwati, M., & Amir, S. (2023). Using Word Wall Website As A Strategy To Improve Students’ Vocabulary Mastery. Journal on Education, 5(3), 9654-9661.
Urnila, S., Wulandari, S., & Prasongko, A. (2024). Teachers' Perceptions On The Use of Digital Games to Support Young Learners Vocabulary Learning. Child Education Journal, 6(2), 99-110. https://doi.org/10.33086/cej.v6i2.6021
Wulandari, P., Masruroh, M., Arianti, C. A. L. E., & Nazilah, A. (2024). Pengaruh media aplikasi wordwall terhadap keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 791-803. https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1737
Yudhawati, H. T., Iffah, I. F., Putri, I. C., Melyana, M., & Almanar, M. A. (2024). The Effort of Improving Grammar Mastery Through Wordwall Unjumble Sentence. Foremost Journal, 5(2), 209-220. https://doi.org/10.33592/foremost.v5i2.5136
Yuniarti, I., & Septiana, I. (2024). Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Wordwall dalam Pembelajaran Teks Cerpen. Edukasi Lingua Sastra, 22(2), 129-138. https://doi.org/10.47637/elsa.v22i2.1116
Zahra, A., Yusuf, Y. A., Anggraini, N. C., & Amelia, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sub Tema Ekosistem pada Siswa Kelas 5 di SDN 19 Muara Telang. Alacrity: Journal of Education, 449-459. http://dx.doi.org/10.52121/alacrity.v4i3.486
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v9i1.9652
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v9i1.9652.g3559
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sudirman Sudirman, Merlin Novayanti Nepa Burenia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
