Title:


UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM PERSPEKTIF KESEJAHTERAAN EKONOMI


Author:


Mail Delfiyan Widiyanto(1*)
Mail Annisa Istiqomah(2)
Mail Yasnanto Yasnanto(3)

(1) Universitas TIdar, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Tidar, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v2i1.3621| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Kemiskinan merupakan tantangan bangsa yang perlu mendapatkan penyelesaian. Persoalan kemiskinan berhubungan dengan meningkatnya pengangguran, rendahnya kualitas hidup, dan rendahnya pendapat per kapita. Persoalan kemiskinan banyak terdapat di negara berkembang, seperti Indonesia. Salah satu kebijakan pemerintah dalam mengatasi persoalan kemiskinan adalah dengan alokasi dana desa. Kebijakan alokasi dana desa adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dimulai dari tingkat desa. Bentuk dari penyaluran dana dapat berupa alokasi dana desa dan dana desa. Rencana pendapatan dan belanja desa diatur dalam APBDes yang dibuat oleh pemerintah desa atas partisipasi masyarakat desa. Pengeluaran dana desa terbagi menjadi dua, yaitu pembagunan dan pemberdayaan desa. Pada realitasnya pemanfaatan dana desa lebih pada sektor pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, dll, sedangkan aspek pemberdayaan belum berjalan dengan baik. Hal ini dapat ditinjau dari masih tingginya angka kemiskinan. Penyaluran dana dari pusat ke daerah perlu mendapatkan perhatian pemerintah daerah. Pemerintah hendaknya melakukan pengawasan dalam proses penyelengaraan program desa. Upaya yang perlu dilakukan dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemberdayaan desa, rencanan anggaran desa yang lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat, pembekalan ketrampilan masyarakat, dan pendampingan pemerintah daerah dalam program pemberdayaan masyarakat desa.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat; desa; kesejahteraan ekonomi

Full Text:

PDF

References


Annivelorita (2015). implementasi alokasi dana desa (add) dalam meningkatkan pembangunan desa Liang Butan Krayan kabupaten Kunukan. Journal Administrasi Negara.Vol 3 No (5): 1712-1726

Chandra, dkk. (2013). Pengelolaan alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat desa (studi pada Desa Wonorejo Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang). Jurnal Admintrasi Publik (JAP). Vol 1. No 6 Hal. 1203-1212.

Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. 2016. Pokok-Pokok Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2016. Jakarta: Kemendesa (Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi).

Karimah, F. dkk ( 2013). Pengelolaan alokasi dana desa dalam pemberdayaan masyarakat (Studi pada Desa Deket Kulon Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 4, Hal. 597-602

Nurcholis, Hanif. (2011). Pertumbuhan dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Jakarta: Erlangga.

Octrian TSL (2013). Implementasi program alokasi dana desa (add) dalam pemberdayaan masyarakat di desa Punagaya kecamatan Bangkala kabupaten Jeneponto. Otoritas Vol. III No.1

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 08 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2015.

Suhartini, R., & dkk. (2005). Model model Pemberdayaan Masyararakat. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Thomas (2013). Pengelolaan alokasi dana desa dalam upaya meningkatkan pembangunan di desa Sewang kecamatan Sesayap kabupaten Tana Tidaung. Jurnal pemerintahan integratif. Vol 1 No 1 Hal 51-64

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Widjaja, HAW. (2003). Otonomi Desa. Jakarta: Grafindo Persada

Widyanti, S. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Secara Teoritis. Jurnal WELFARE, Ilmu Kesejateraaan Sosial , Vol. 1 No 1 Hal.82-102.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v2i1.3621

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.