Title:


IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME MELALUI MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKN)


Author:


Mail esty rahmayanti(1*)

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v3i2.5608| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan dampak pelaksanaan  pendidikan nilai nasionalisme melalui media film dalam pembelajaran PPKn di SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah; guru kelas; dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan nilai nasionalisme menggunakan film Tanah Surga Katanya dalam proses pembelajaran PPKn dilakukan dengan membuat perencanaan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disupervisi oleh pihak sekolah, telaah media, dan telaah materi pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme ke dalam materi PPKn terutama berkaitan dengan materi persatuan dan kesatuan dengan menggunakan film Tanah Surga Katanya yang diterapkan menggunakan metode inkuiri. Pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme melalui media film dalam pembelajaran PPKn berdampak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menyenangkan, memotivasi, inspiratif, dan bermakna. Selain itu, siswa terinspirasi untuk menghayati nilai-nilai nasionalisme seperti bangga sebagai bangsa Indonesia, rasa cinta terhadap tanah air, semangat juang dan sikap rela berkorban, serta memiliki rasa bela negara atau patriotisme.

Kata Kunci : Pendidikan Nilai Nasionalisme, Film,  PPKn


Full Text:

PDF

References


Alius, S. (2016). Resonansi kebangsaan: Pancasila dalam pusaran globalisasi. Jurnal Keamanan Nasional, II(1), 143.

Baidhawy, Z. (2015). Fikih kebinekaan, pandangan Islam Indonesia tentang umat, kewargaan, dan kepemimpinan non Muslim. Bandung: Mizan Media Utama.

Branson, M.S. 1998. The role of civil education. Calabases: CCE.

Edwards, J & Fogelman, K. 2000. “Citizenship education and culture diversity.” Dalam politics, education and citizenship, vol.VI (Eds, Leicester, M, Modgil,C dan Modgil, S) London and Newyork : Falmer Press, hal 93-103.

Evans, Rupert N, Edwin, Lewis H. 1978. Foundation of vocational education. Columbus. Ohio: Chavles E Merril Publishing Company.

Effendi. 2003. Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Kohn, Hans. 1955. Nasionalisme: arti dan sejarah. Terjemahan oleh Sumantri Mertodipuro. 1984. Jakarta: Erlangga.

Busrizalti. 2013. Pendidikan Kewarganegaraan: Negara Kesatuan, HAM & Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Cet. I; Yogyakarta: Total Media 2013), h. 23.

Lexy J. Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya.

Mustari Mustafa. Nation State dalam Kejatuhan Nasionalisme (Cet, I; Makassar: Alauddin Press, 2013). h. 112.

Samani, Muchlas, Hariyanto. 2012. Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Smith, Anthony, D. 2003. Nasionalisme: teori-ideologi-sejarah. Terjemahan oleh Franz Kowa. 2002. Jakarta: Erlangga.

Sunarso. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Buku Pegangan Mahasiswa Paradigma Baru. Yogyakarta: UNY Press.

Winataputra, U.S dan Budimansyah, D. (2007). Civic Education Konteks, Landasan Bahan Ajar dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi PKn SPS UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/kalacakra.v3i2.5608

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.