Title:


PENGUATAN SIKAP TOLERANSI DALAM KEBHINEKAAN MELALUI VIRTUAL REALITY BERBASIS VIDEO 360


Author:


Mail Mukhamad Murdiono(1*)
Mail Annisa Istiqomah, M.Pd(2)
Mail Iffah Nurhayati(3)
Mail Chandra Dewi Puspitasari(4)

(1) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(4) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/kalacakra.v5i1.8648| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa di beberapa universitas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, dan Universitas PGRI Yogyakarta. Terdapat dua jenis data yang diperlukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif meliputi data hasil rancangan model pembelajaran, instrumen penilaian model pembelajaran, validasi instrumen penilaian model pembelajaran dan analisis data validasi model pembelajaran. Data kuantitatif diperoleh dari data angket penilaian model pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) oleh ahli media, ahli materi dan tes hasil belajar dan lembar penilaian peserta didik. Sementara untuk mengumpulkan data, ada beberapa metode yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu: 1) mengembangkan model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis VR; 2) mengukur implementasi model pembelajaran pendidikan multikultural berbasis VR untuk penguatan sikap toleransi dalam bingkai kebhinekaan.


Keywords


Pendidikan multikultural, virtual reality, toleransi, kebhinekaan

Full Text:

PDF

References


Amin, Muh. (2018) Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer. Vol 9 (1)

Anonim. (2021). Pendowoharjo DIY akan Dicanagkan Jadi Desa Sadar Kerukunan. Diakses dari https://www.kemenag.go.id/read/pendowoharjo-diy-akan-dicanangkan-jadi-desa-sadar- kerukunan-zmjxv tanggal 12 Oktober 2022 pukul 12.23 WIB.

Anonim. (Tt). Masjid Al-Ahda Sewon Kabupaten Bantul. Diakses dari https://dkm.or.id/dkm/63491/masjid-al-ahda-sewon-kab-bantul.html tanggal 12 Oktober jam 13.24 WIB)

Ari, Santo. (2022) Desa Sadar Kerukunan: Empat Tempat Ibadah Berdiri Harmonis di Kampung Karanggede Bantul. Diakses dari https://jogja.tribunnews.com/2022/06/06/desa-sadar- kerukunan-empat-tempat-ibadah-berdiri-harmonis-di-kampung-karanggede-bantul tanggal 12 Oktober 2022 pukul 13.44 WIB.

Banks, J. A. (2008). Diversity, group identity, and citizenship education in a global age.

Belajar civic education dari Amerika (hlm. 1-88), alih bahasa Syafruddin, M.Y. Alimi, &

Branson, M.S. (1999). Dasar-dasar civic education. Dalam M.S. Branson, dkk. (Penyunting), Educational Researcher, 37 (3), hlm. 129-139.

Center for Civic Education. (2003). Kami bangsa Indonesia: Buku panduan guru. Jakarta: CCE Indonesia.

Chapin, J. R. & Rosemary, G. M. (1989). Elementary Social Studies: A Practical Guide (Second ed.). New York: Longman.

H.A.R. Tilaar. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan: Suatu Tinjauan dan Perspektif Studi Kultural.Magelang: IndonesiaTera.

M. N. Khoiron. Yogyakarta: LKIS dan The Asia Foundation (TAF).

Mahfud, Chaerul. (2013). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Martorella, P.H. (1994). Social studies for elementary school children: developing young citizens. New York: Macmillan College.

Meidelfi, Dwiny., Hanriyawan Adnan Mooduto., & Dion Setiawan. (2018). Visualisasi 3D Gedung dengan Konsep Virtual Reality Berbasis Android: Studi Kasus. Jurnal Inovasi Vokasional danTeknologi. Volume 18, No1, 1-16.

Sapriya. (2012). Memperkokoh posisi pendidikan kewarganegaraan sebagai disiplin ilmu terintegrasi. Pidato pengukuhan sebagai guru besar dalam bidang pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Somantri, M.N. (2001). Menggagas pembaharuan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wijayanti, Sekar. (2018). Peran Sosial Vihara Buddha Prabha Dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama Di Yogyakarta (Studi Peran Organisasi Generasi Muda Cetiya Buddha Prabha [GMCBP] Periode 2016-2017). Jurnal Religi, Volume 13, No.2, https://doi.org/10.14421/rejusta.2017.1302-07

Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan kewarganegaraan dalam perspektif pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Wulur, Hera Wulan Ratu., Steven Sentinuwo, Brave Sugiarso. 2015. AplikasiVirtual tourTempatWisataAlam di Sulawesi Utara. E-journal Teknik Informatika, Volume 6, No.1, 59-66.




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v5i1.8648

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.