Dampak Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

M. Edi Saputra

Abstract


Salah satu tujuan dari program MBKM adalah meningkatkan kompetensi hard skills dan soft skills mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak program MBKM dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti program MBKM di beberapa kampus sekitar Yogyakarta serta akademisi yang terlibat dalam program tersebut. Objek penelitian ini adalah program MBKM dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dan akademisi menyadari keberadaan program MBKM. Sebelum adanya program MBKM, beberapa kampus di Yogyakarta sudah memiliki program serupa. Mahasiswa dan akademisi yang terlibat dalam program MBKM berpendapat bahwa program ini dapat meningkatkan soft skills, hard skills, serta kompetensi sebagai bekal mahasiswa untuk kehidupan setelah lulus dari perguruan tinggi. Selain itu, program ini juga dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi akademisi. Dengan demikian, program MBKM diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kompetitif.

Keywords


MBKM, kompetensi mahasiswa, pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aditama, M. G., Shofyana, M. H., Muslim, R. I., Pamungkas, I., & Susiati, S. (2022). Peningkatan kompetensi guru dalam project-based learning melalui temu pendidik daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90-98.

Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Mawardi, V. C. (2020). Dampak kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) magang dan studi independen dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 174-181.

Arsyad, A. T., & Widuhung, S. D. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap kualitas mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 443-485.

Arung, F., Murthado, F., & Boeriswati, E. (2023). Merdeka Belajar: The real learning needs of students, teachers, and institutions related to demands for independent learning innovation. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 120-135. https://doi.org/10.23917/ijolae.v5i2.20370

Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM): Aplikasinya dalam pendidikan biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 183-200. Banda Aceh, Indonesia: FKIP Biologi, Universitas Abulyatama Aceh Besar.

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana penerapan dan kendala yang dihadapi oleh perguruan tinggi swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603-614.

Islam, Md. Z., Jasimuddin, S. M., & Hasan, I. (2017). The role of technology and socialization in linking organizational context and knowledge conversion: The case of Malaysian service organizations. International Journal of Information Management, 37(5), 497-503.

Krisdiah, H. Y., Mustofa, C. H., & Winarti, A. (2022). Implementasi pelaksanaan program Kampus Mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 6 Jimbung. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 2(1), 36-44. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.21

Krishnapatria, K. (2021). MBKM curriculum in English studies program: Challenges and opportunities. ELT in Focus, 4(1), 15-38.

Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan soft skill melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi: Jurnal Psikologi, 17(1), 112-126.

Lindén, J., Annala, J., & Coate, K. (2017). The role of curriculum theory in contemporary higher education research and practice. In J. Huisman & M. Tight (Eds.), Theory and Method in Higher Education Research (Vol. 3, pp. 137-154).

Mulyana, M., Wahyudin, Y., Lesmana, D., Muarif, M., & Mumpuni, F. S. (2022). Evaluasi dampak program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada bidang studi akuakultur. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551-1564.

Nisar, T. M., Prabhakar, G., & Strakova, L. (2019). Social media information benefits, knowledge management and smart organizations. Journal of Business Research, 94, 264-272.

Ostroff, C., & Kozlowski, S. W. J. (2006). Organizational socialization as a learning process: The role of information acquisition. Personnel Psychology, 45(4), 849-874.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. (2020). Indonesia.

Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Trilogi (Studi kasus: Prodi Manajemen). Islamic Banking: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307-314.

Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2021). Dampak program Merdeka Belajar Kampus Merdeka bagi peningkatan soft skills dan hard skills mahasiswa FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37-47.

Ramadania, F., & Aswadi, D. (2020). Blended learning dalam Merdeka Belajar teks eksposisi. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 10-21.

Ramadhan, D. N., Hermawan, H. D., & Septiyanti, N. D. (2023). Implementasi dan pengembangan media pembelajaran game Calistung untuk meningkatkan literasi dan numerasi di SD N 04 Kemuning. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3(1), 13-25. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.81

Ria, A., & Zainuddin, D. (2019). Kualitas lulusan dan orientasi bidang pekerjaan terhadap kemampuan menghadapi persaingan kerja pada mahasiswa perguruan tinggi. Research and Development Journal of Education, 5(2), 39.

Sari, R. P., Tawami, T., Bustam, M. R., Juanda, J., Heriyati, N., & Prihandini, A. (2021). Dampak implementasi program pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada mahasiswa program studi Sastra Inggris Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10303-10313.

Setiana, S. M., Bustam, M. R., Ali, M., Febrianty, F., & Sari, R. P. (2022). Dampak implementasi program pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Fakultas Ilmu Budaya Universitas Komputer Indonesia. Majalah Ilmiah UNIKOM, 20(1), 15-24.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Soeharso, S. Y. (2021). Relevansi kebijakan MBKM terhadap penguatan karakter Pancasila. Prosiding Konferensi Nasional I Konsorsium Psikologi, Jakarta, 9-17.

Sumani, S., Kadafi, A., Purnomosari, L. K. D., & Prasasti, P. A. T. (2022). The impact of “Kampus Mengajar MBKM Program” on students' social skills. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(3), 220-225.

Suranto, & Rusdianti, F. (2018). Pengalaman berorganisasi dalam membentuk soft skill mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 58-65.

Sutrisno, B. (2017). Profil model pembelajaran soft-skill pada SMK bidang ekonomi di Surakarta (Kajian aspek apa; mengapa; dan bagaimana). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 115-135.

Suyatmini. (2020). Peningkatan kompetensi menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik dengan teknik observasi kelas bagi guru SD Negeri 1 Baturetno. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-an, 7(1), 86-96.

Syah, F. J. (2016). Meningkatkan engagement siswa sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar. The Progressive and Fun Education Seminar, 608-611. http://hdl.handle.net/11617/7871

Ulfatun, T., & Isroah, I. (2016). Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam lesson study untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(5), 1-17.

Wijaya, H., Pae, K., & Jati, I. R. A. P. (2022). Dampak implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Journal of Educational Research and Development, 12(4), 150-162.




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v5i2.9288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.