Implementasi Kurikulum Sekolah Berwawasan Lingkungan Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan SMPN 23 Semarang

Ahmad Munarun

Abstract


Perkembangan dan kemajuan teknologi, serta aktivitas dan perilaku manusia, sering kali berdampak negatif terhadap lingkungan, terutama melalui polusi yang dihasilkan. Kepedulian terhadap lingkungan dalam konteks pendidikan ditandai oleh sikap yang spesifik, yang dibentuk berdasarkan teori nilai. Mengingat banyaknya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia, yang berujung pada pencemaran dan kerusakan alam, penelitian ini bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan kepedulian lingkungan, dimulai dari kegiatan di sekolah. Sekolah berfungsi sebagai tempat awal pendidikan untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan analisis kuantitatif deskriptif yang melibatkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga metode ini saling melengkapi dan memiliki kekuatan yang sama dalam penelitian ini. Hasil penelitian di SMP N 23 Semarang menunjukkan pencapaian yang sangat baik, dengan nilai akhir sebesar 94,74. Secara keseluruhan, sekolah telah mendukung kurikulum berwawasan lingkungan yang diterapkan dalam proses pembelajaran, serta partisipasi aktif warga sekolah dalam menjaga lingkungan. Selain itu, terdapat minat dari masyarakat sekolah untuk memotivasi diri sendiri, yang pada gilirannya mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dengan demikian, sekolah dapat mencapai tujuan sebagai institusi yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.


Keywords


Peduli Lingkungan; Penanaman Karakter; Program Sekolah Berwawasan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Bascopé, M., Perasso, P., & Reiss, K. (2019). Systematic Review of Education for Sustainable Development at an Early Stage: Cornerstones and Pedagogical Approaches for Teacher Professional Development. Sustainability, 11(3), 719. https://doi.org/10.3390/su11030719

Eliyanti, W., Abdullah, G., Wuryandini, E., & Suharyadi, A. (2022). Manajemen Sekolah Hijau Di SD Negeri 05 Beji Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Ilmiah Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 144–164. https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.35663

Fajri, I. (2024). Toward a Sustainable Future in Aceh Primary Schools: Embracing Environmental Education - Insights From Stakeholders. Jplse, 1(1), 27–41. https://doi.org/10.62568/jplse.v1i1.51

Filho, T. A. G. (2024). Full-Time Education: Challenges and Opportunities for the Teaching and Learning Process. https://doi.org/10.56238/sevened2024.002-057

Imelda, I., & Anzelina, D. (2019). Students’ Activities in Learning With Problem Based Learning Based Module to Enhance Students’ HOTS on the Subject of Straight Line Equations. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (Birle) Journal, 2(4), 552–559. https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.542

Irawati, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata Di SMP Negeri 1 Mrebet. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(5), 3026–3195. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i5.15350

Jan?a?íková, K., & Kapuciánová, M. (2012). Environmentální Výchova v P?edškolním Vzd?lávání – Hledání Optimální Podoby. Envigogika, 7(1). https://doi.org/10.14712/18023061.71

Karimi, S., Liobikien?, G., Saadi, H., & Sepahvand, F. (2021). The Influence of Media Usage on Iranian Students’ Pro-Environmental Behaviors: An Application of the Extended Theory of Planned Behavior. Sustainability, 13(15), 8299. https://doi.org/10.3390/su13158299

Kumar, J. S. (2024). A Study on Green Education in India: A Pathway to Sustainable Development. World Journal of Advanced Research and Reviews, 22(3), 1747–1758. https://doi.org/10.30574/wjarr.2024.22.3.1911

Li, Y. (2024). The Impact of Environmental Education at Chinese Universities on College Students’ Environmental Attitudes. Plos One, 19(2), e0299231. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0299231

Obasi, K. K., & Osah, S. O. (2022). Curriculum Development Planning in Environmental Education for Developing Environmental Citizenship Among Primary School Pupils in Rivers State. International Journal of Instructional Technology and Educational Studies, 3(2), 34–41. https://doi.org/10.21608/ihites.2021.107723.1080

Pahru, S., Akbar, S., & Hitipeuw, ?. (2021). Pelaksanaan Program Adiwiyata Dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan, 6(1), 119. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i1.14405

Raman, R. A. (2016). Attitudes and Behavior of Ajman University of Science and Technology Students Towards the Environment. Iafor Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.22492/ije.4.1.04

Rifqi, A. (2024). Long-Term Implementation of Strategic Management and Increasing the Function of School Committees to Promote Environmental Education. Al-Tanzim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 408–423. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i2.7548

Rokhmah, U. N. (2019). Pelaksanaan Program Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 67. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.133

Shabalala, N. P., Hebe, H., & Mnguni, L. (2023). Characterization of Curriculum Leadership by South African School Leaders and Teachers in Environmental Education. Problems of Education in the 21st Century, 81(3), 401–415. https://doi.org/10.33225/pec/23.81.401

Sidik, I., Annur, S., & Handayani, T. (2021). Manajemen Program Adiwiyata Dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Studia Manageria, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6873

Simanjuntak, M. H. I. M., Budi, G. S., & Miranda, Y. (2022). Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar Santa Maria Kota Palangka Raya. Journal of Environment and Management, 3(1), 71–79. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4292

Vilian, M. T., & Minsih. (2021). Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Sehat Nasional Di Sd Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 152–161. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i1.419

Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata Dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6

Zakharova, V. A., Chernov, I., Nazarenko, T. I., Pavlov, P. V, & Kulikova, A. A. (2020). Social Health and Environmental Behavior of Students in the Digital Age. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1288–1294. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5167

Zhong, Y. (2010). A Web-Based Environmental Education Mode. 174–177. https://doi.org/10.1109/cesce.2010.82




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v6i1.9325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.