REFORMASI SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY (LSLC)

Annisa Istiqomah, Delfiyan Widiyanto

Abstract


Indonesia menduduki posisi terendah dari 79 negara peserta PISA tahun 2018. Rendahnya hasil asesmen PISA di Indonesia disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhi kompetensi siswa. Kajian yang dilakukan PISA 2018 melalui angket siswa dan angket sekolah menunjukkan beberapa faktor sebagai berikut: faktor internal (misalnya: ketangguhan/daya tahan, sifat kompetitif, motivasi diri dalam belajar, dan lain sebagainya), faktor eksternal (misalnya, lingkungan belajar yang baik di sekolah atau di rumah, praktik mengajar yang dilakukan guru, serta kelengkapan sarana belajar, dan lain sebagainya). Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengkaji alternatif solusi dalam mengatasi rendahnya hasil asesmen PISA bagi Indonesia melalui pembenahan sekolah dengan mengembangkan model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study for learning community dengan menggunakan pendekatan teori ZPD Vygotsky dan Scaffolding Brunner. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Studi pustaka dilakukan untuk memperkuat permasalahan yang diteliti dan menjadi dasar dalam memberikan berbagai argumentasi mengenai reformasi sekolah melalui pengembangan model pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Sumber penelitian yang digunakan meliputi jurnal, buku, artikel, laporan penelitian, dan sebagainya yang terkait dengan model pembelajaran kolaboratif berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu rendahnya hasil asesmen PISA untuk Indonesia dapat diatasi dengan melakukan upaya reformasi sekolah melalui pengembangan model pembelajaran kolaboratif Lesson Study for Learning Community (LSLS).


Keywords


PISA, model pembelajaran kolaboratif, Lesson Study untuk Komunitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amiruddin. (2019. Pembelajaran kooperatif dan kolaboratif. Journal of education Science (JES), 5(1), 24-32. https://doi.org/10.3314/jes.v5i1.357

Feng Chun, Miao. 2006. Training modules on integrating ict for pedagogical innovation. Makalah disampaikan dalam National Training on Integrating ICT and Taeaching and Learning yang diselenggarakan oleh UNESCO Bangkok bekerja sama dengan SEAMOLEC di Jakarta, 6 – 10 Maret 2006.

Gutierez, Sally Baricaua. (2016). Building a classroom-based professional learning community through lesson study: insights from elementary school science teachers. Jurnal Professional Development in Education, 42 (5), 801-817. https://doi.org/10.1080/19415257.2015.1119709

Hadi, Wuryanto., & Moch.Abduh. (2022). Mengkaji kembali hasil PISA sebagai pendekatan inovasi pembelajaran untuk peningkatan kompetensi literasi dan numerasi. Diakses dari https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li pada tanggal 19 Desember 2022 jam 12.34 WIB.

Hewi, La., & Muh. Shaleh. (2020). Refleksi hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya perbaikan bertumpu pada pendidikan anak usia dini). Jurnal Golden Age, 4(1), 30-41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018

Jacobs, G.M. 1996. Learning Cooperative Learning via Cooperative Learning: A Sourcebookof Lesson Plans for Teacher Education on Cooperative Learning. Singapore:SEAMEO Regional Language Center.

Kurniasih, Ary Woro. (2012). Scaffolding sebagai alternatif upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Kreano, 3(2), 113-124. 10.24269/js.v2i1.500

Long, Maria Lodika & Omiano Sabu. (2022). Analisis pemikiran John Dewey tentang reformasi pendidikan. Journal of Development and Research in Education, 2(1), 10-17. https://ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey

Mustadi, Ali. (2018). Reformasi sekolah melalui learning community based lesson study (LCLS) di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 9-15. https://doi.org/10.24176/jino.v1i1.2311

Nur’aini, Fransisca, dkk. (2021). Meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa indonesia berdasarkan analisis data PISA 2018. Risalah Kebijakan, No.3, April 2021, Pusat Penelitian Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

OECD. (2016). Country Note: Indonesia. Program for International student assessment (PISA) Result from PISA 2015. Diakses dari https://www.oecd-ilibrary.org/education/education-at-a-glance-2016_eag-2016-en tanggal 19 Desember 2022 jam 13.45 WIB

OECD. (2019). Programme for International Student Assesment. Diakses dari https://www.oecd-ilibrary.org/education/education-at-a-glance-2019_f8d7880d-en pada tanggal 19 Desember 2022 jam 12.34 WIB

Pratiwi, Indah. (2019). Efek program PISA terhadap kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 4(1). 51-71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Prayekti, & Rasyimah. (2012). Lesson study untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 54–64. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.69

Rini, Ambar Prisetia. (2021). Lesson Study for Learning community (LSLC). Jurnal Ilmu Agama Islam, 3(1), 25-28, https://doi.org/10.36269/ta'lim.v3i01.376

Saitoa, Eisuke & Matthew Atenciob. (2015). Lesson study for learning community (LSLC): conceptualising teachers’ practices within a social justice perspective. Jurnal Discourse: Studies in the Cultural Politics of Education , 36 (6), 795-807, https://doi.org/10.1080/01596306.2014.968095

Sato, Manabu. (2012). Mereformasi sekolah: konsep dan praktek komunitas belajar (Terjemahan). Tokyo: Pelita JICA.

Sriyati, Sri. (Tt). Reformasi sekolah melalui lesson study . Diakses dari http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._BIOLOGI/196409281989012-SITI_SRIYATI/Kumpulan_makalah_yang_sdh_diseminarkan_12_artikel/Mklh_Lesson_Study.pdf tanggal 19 Desember 2022 jam 11.34 WIB

Suardipa. (2020). Proses Scaffolding pada Zone Of Proximal Development (Zpd) ealam Pembelajaran. Widyacarv, 2(1). 79-92. https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i1.555

Tilaar, H.A.R. (1999). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Turnbull, A., Turnbull, R., Shank, M., & Leal, D. 1999 (Second Edition). Exceptional lives: special education in today’s schools. Prentice-Hall, Inc.: Upper Saddle River, N.J.

Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wasitohadi. (2014). Hakekat pendidikan dalam perspektif john dewey (tinjauan teoritis). Satya Widya, 30(1), 49-61. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p49-61

Widjajanti, Djamilah Bodang. (2008). Strategi pembelajaran kolaboratif berbasis masalah. Makalah: Dipresentasikan pada Seminar Nasional Materika dan Pendidikan Matematika

Xi, Jiao & James P.Lantolf. (2020). Scaffolding and the zone of proximal development: A problematic relationship. Journal Theory Social Behaviour, 51(1), 25-48. https://doi.org/10.1111/jtsb.12260




DOI: https://doi.org/10.31002/kalacakra.v6i1.9327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
Jurnal Kalacakra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.