Assessing Students’ Reading Fluency
Abstract
Memeriksa kelancaran membaca mahasiswa kadang menjadi sesuatu kegiatan yang terabaikan oleh Dosen. Pada kenyataannya, salah satu karakteristik menjadi seorang pembaca yang baik adalah kelancaran dalam membaca, ketidaklancaran dalam membaca merupakan salah satu ciri pembaca yang buruk. Kelancaran dalam membaca mencakup ketepatan bunyi, kecepatan dan intonasi. Seorang dosen dapat mengetahui tingkatan kelancaran membaca mahasiswanya dengan cara meminta mahasiswa membaca sebuah teks secara lisan. Sehingga, dosen dapat memeriksa ketepatan bunyi melalui rekaman lisan dan mencari kesalahan membaca yang dilakukan mahasiswa. Sedangkan untuk intonasi, dosen dapat memeriksanya dengan menggunakan daftar yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk kecepatan membaca, dosen dapat memeriksanya melalui lamanya waktu yang dibutuhkan, waktu dihitung dengan menggunakan Words per Minute (WPM) atau Correct Words per Minute (CWPM). Ini tergantung pada masing-masing individu, variasi teks, dan tujuan pembaca. Artikel ini selain bertujuan tidak hanya untuk mengetahui kelancaran mahasiswa dalam membaca sebuah teks tetapi juga pemahaman mahasiswa terhadap isi teks tersebut.
Kata Kunci: assessing, reading, fluency
Full Text:
PdfDOI: https://doi.org/10.31002/metathesis.v1i1.232
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching is published by English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia in collaboration with Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia (APSPBI)
ISSN: 2580-2712 (print) and 2580-2720 (online)
Jalan Kapten Suparman 39 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116
Phone (0293) 364113 Fax (0293) 362438