Title:


Written Corrective Feedbacks for English Learners with High and Low Anxiety Levels


Author:


Mail Gatot Prasetyo(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/metathesis.v1i1.236| Abstract views : 316 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian menunjukkan bahwa umpan balik memainkan peran penting dalam menulis bahasa kedua siswa, seperti mempengaruhi perkembangan bahasa siswa secara signifikan dan memfasilitasi akuisisi bahasa target. Namun efek umpan balik dapat bervariasi dikarenakan karakteristik siswa, gaya mengajar, kelas, dll. Studi ini mencoba meneliti apakah umpan balik tertulis oleh guru atau rekan sebaya berperan penting dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa kedua siswa dengan kecemasan tinggi dan rendah. Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan 63 mahasiswa dari dua kelompok yang diberi dua perlakuan yang berbeda: umpan balik tertulis guru dan rekan sebaya. Foreign Language Classroom Anxiety Scale digunakan untuk menentukan tingkat kecemasan siswa. Hasil uji ANOVA menunjukkan signifikansi dan efektivitas kedua jenis umpan balik tersebut. Peningkatan yang paling signifikan terjadi pada mereka yang menerima umpan balik guru dengan tingkat kecemasan tinggi. Namun, hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara kecemasan dan umpan balik siswa yang diterima. Sebagai saran, guru harus mempertimbangkan karakter siswa guna meningkatkan kefektifan umpan balik dan meningkatkan belajar siswa.

Kata kunci: teacher feedback, peer feedback, writing, anxiety


Full Text:

Pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/metathesis.v1i1.236

Article Metrics

Abstract view : 316 times
Pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching is published by English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia in collaboration with Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia (APSPBI) 

ISSN: 2580-2712 (print) and 2580-2720 (online)

Jalan Kapten Suparman 39 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax (0293) 362438


View My Stats