Title:


ASSESSING STUDENTS ACTIVENESS AND THEIR CHARACTER BUILDING IN SPEAKING COURSE OF ENGLISH DEPARTMENT


Author:


Mail Dwi Winarsih(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v11i1.107| Abstract views : 347 | PDF views : 0

Abstract


Mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dipersiapkan menjadi guru Bahasa Inggris dan mereka akan menjadi model bagi siswa. Namun demikian fakta menunjukkan beberapa guru pemula tidak dapat berbicara Bahasa Inggris dengan lancar dan tepat. Berkaitan dengan tuntutan jaman,  abad 21 ini adalah era yang kekuatan suatu bangsa ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Menyadari fakta tersebut, pemerintah Indonesia memperhatikan kualitas hasil pendidikan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dalam perkuliahan Speaking dan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter dalam perkuliahan Speaking. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggambarkan kondisi nyata perkuliahan Speaking 1 di prodi. Bahasa Inggris FKIP Universitas Tidar. Subyek penelitian ini 30 mahasiswa semester 2 yang mengambil mata kuliah Speaking. Sumber data penelitian ini adalah dosen Speaking 1 di prodi Pendidikan Bahasa Inggris, kegiatan belajar mengajar, dan dokumen termasuk silabus, RPP, dan dokumen lain yang relevan.

Berdasarkan analisis data,  peneliti menyimpulkan pertama mahasiswa kurang aktif dalam kelas Speaking sehingga keterampilan berbicara mereka rendah, kedua nilai karakter mahasiswa kurang dikembangkan dengan baik khususnya pada nilai kerjasama, kejujuran dan toleransi.

Keywords: Speaking Course, Activeness, Character Building


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.107


DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v11i1.107.g74

Article Metrics

Abstract view : 347 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.