Title:


KEEFEKTIFAN KALIMAT TEKS EKSPLANASI KARANGAN SISWA


Author:


Mail Lolita Dwi Kusumadevi(1*)
Mail Trinil Dwi Turistiani(2)

(1) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(2) Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v7i2.7737| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


ABSTRAK       

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan kalimat dan penggunaan ciri kebahasaan kalimat teks eksplanasi karangan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Datanya berupa kalimat-kalimat dalam tiga puluh lima teks eksplanasi karangan siswa dan sumber datanya yakni teks eksplanasi karangan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 6 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan catat. Kemudian, analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi identifikasi, klasifikasi, dan analisis deskripsi.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori kalimat efektif Gorys Keraf yang meliputi kesatuan, kehematan, kepararelan, kelogisan, kepaduan, ketepatan, dan kevariasian. Lalu, teori penggunaan ciri kebahasaan teks eksplanasi secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) keefektifan dan ketidakefektifan kalimat teks eksplanasi; (2) penggunaan ciri kebahasaan kalimat teks eksplanasi. Keefektifan kalimat diperoleh seratus lima puluh enam data, ketidakefektifan kalimat diperoleh tujuh puluh kalimat, dan penggunaan ciri kebahasaan teks eksplanasi diperoleh dua ratus satu kalimat.

Kata kunci: Keefektifan kalimat, penggunaan ciri kebahasaan, teks eksplanasi.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi. 2019. Metode Penelitian Sastra Perspektif Monodisipliner dan Interdisipliner. Gresik: Graniti.

Dari, Ratna, Rasyid. 2017. “Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VII MTs Diniyah Pandai Sikek”.Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 6 (2): hal. 353-361.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/8660/6663#

Darmawati. 2018. Ragam Teks Pengetahuan dan Penerapan. Klaten: Intan Pariwara.

Gereda. 2020. Keterampilan Berbahasa Indonesia Menggunakan Bahasa Indonesia secara Baik dan Benar. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Hawa. 2016. Ketidakefektifan Kalimat dalam Koran Harian Duta Masyarakat pada Kolom Opini Edisi Oktober-November 2012. Skripsi tidak Diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ismayani. 2019. Metodologi Penelitian. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Kasupardi, Supriatna. 2010. Pengembangan Keterampilan Menulis. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Mutmainah. 2020. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Batu: Literasi Nusantara.

Rahman. 2018. Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan. Semarang: Pilar Nusantara. Ramadhanti. 2015. “Penggunaan Kalimat Efektif dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti”. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 (2): hal. 167-173.

Rokim. 2014. Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Deskriptif Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Sukodadi. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rosyidah, Fijra. 2021. Metode Penelitian. Yogyakarta: Dee Publish.

Saputra. 2020. Bahasa Indonesia. Banjarmasin: Poliban Press.

Sugono. 2020. Sintaksis Bahasa Indonesia: Analisis Fungsi Sintaktik Menuju Kalimat Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Syahfitri, Emidar. 2021. “Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMAN 13 Padang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 10 (3): hal. 31-42.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/download/8660/6663

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantiatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung Penerbit Alfabeta.

Turistiani. 2013. Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Makalah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Warsiman. 2013. Bahasa Indonesia Ilmiah untuk Penulisan Laporan, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Widyarti. 2014. Keefektifan Kalimat pada Laporan Berita Reporter di Stasiun Televisi Swasta. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7737


DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7737.g3392

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.