Title:


PENANDA KOHESI DALAM IKLAN AUDIOVISUAL MOBIL


Author:


Mail Jatiwuni Ambarwati(1*)
Mail Aling Madani(2)

(1) Universitas Airlangga, Indonesia
(2) Universitas PGRI Madiun, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v7i2.7817| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Selain menampilkan visual bergerak dan suara, iklan audiovisual biasanya juga menyampaikan wacana iklan melalui narasi maupun dialog pemeran iklan. Penelitian ini secara khusus mengkaji aspek kohesi dengan memaparkan penanda kohesi gramatikal dan leksikal yang ada dalam wacana iklan audiovisual mobil. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi terhadap tayangan iklan mobil Pilih Xpander Pinter Bener; Mitsubishi New Triton Engineered Beyond Tough; Almaz Drive Unlimited Way; Almaz Smart Technology SUV; Cortez CT The New Advanced MPV; dan All New Sirion Berani Baru Berani Hitz. Hasil penelitian ditemukan penanda kohesi gramatikal berupa pengacuan (referensi), penyulihan (substitusi), pelesapan (elipsis), perangkaian (konjungsi), inversi, dan pemasifan kalimat. Penanda kohesi leksikal ditemukan berupa repetisi (utuh/penuh, repetisi dengan perubahan bentuk), penggunaan sinonim (kemiripan makna), penggunaan antonim (pertentangan makna), kolokasi (ditandai dari adanya keterkaitan kata), hiponimi (penggunaan kata yang bermakna lebih sempit), dan ekuivalensi (ditandai dengan wacana yang memiliki kesepadanan dengan wacana lainnya).

Keywords


kohesi; gramatikal; leksikal; iklan audiovisual; mobil

Full Text:

PDF

References


Albari, A. (2007). Efektivitas Iklan Televisi Sabun Pembersih Muka di Kota Yogyakarta (Pendekatan Consumer Decision Model). Sinergi: Kajian Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 1-21.

Ambarsari, T., Wijayanti, E., Kurniawan, A., & Prihatini, A. (2022). Aspek Leksiko-Gramatikal Dalam Lagu Anak Yang Bermuatan Multiple Intelligence. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 77-90.

Ardiansyah, F. (2023). Analisis Representasi Iklan Mobil Toyota Kijang Dalam Perspektif Budaya. Skripsi. Bekasi: Universitas Islam 45.

Asiani, F. (2020). Persuasive Copywriting: Sebuah Seni Menjual Melalui Tulisan. Yogyakarta: Quadrant.

Astuti, S. P. (2017). Persuasi dalam Wacana Iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38-45.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Diakses pada 06 Juli 2023, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/iklan

Djajasudarma, T. Fatimah. (2010). Wacana Pemahaman dan Hubungan antar Unsur. Bandung: Refika Aditama.

Izar, J., Afria, R., & Sanjaya, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal pada Cerpen Ketek Ijo Karya M. Fajar Kusuma. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 03(01), 55-72.

Jefkins, F. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga.

Kolly, A. S. (2013). Analisis Semiotika Representasi Kebudayaan Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Energi Versi Flores, Nusa Tenggara Timur Di Media Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 38-52.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Edisi 15. England: Pearson.

Madani, A., & Ambarwati, J. (2023). Subkultur Anak Muda Dalam Iklan Kopi di Indonesia: Kajian Semiotika Roland Barthes. SEMIOTIKA: Jurnal Ilmu Sastra Dan Linguistik, 24(2), 212-227.

Mariati, S. (2018). Analisis Aspek Gramatikal dan Aspek Leksikal Puisi “Papua” Karya Frans P. Pandoni. Kibas Cendrawasih, 15(2), 201-216.

Masfufah, N. (2016). Kohensi Gramatikal dan Leksikal Dalam Cerpen” Madu Lomuq” Karya Korrie Layun Rampan. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan, 11(1), 83-96.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni'mah, D., Ratna, M., & Rosliana, L. (2016). Analisis Kontrastif Unsur Gramatikal Iklan Mobil Di Jepang Dan Iklan Mobil Di Indonesia Pada Media Televisi. Japanese Literature, 2(1), 1-9.

Nirwana, N., & Ratna, R. (2023). Analisis Kohesi dan Koherensi dalam Novel Perempuan Berkalung Sorban Karya Abidah El Khalieqt. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 52-61.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Prasetyo, A. (2009). Variasi Kalimat Tunggal dan Majemuk Dalam Wacana Iklan Mobil di Kedaulatan Rakyat. Jurnal Demo, 27(1), 70-85.

Pulungan, A. H. (2014). Analisis Wacana Iklan Trans Tv (Tinjauan Kohesi dan Koherensi). Jurnal Bahas, (89), 66-76.

Rosmiati, A. (2014). Pemakaian Gaya Bahasa Pada Iklan Susu Formula Anak-Anak. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 12(1), 105-114.

Setiawati, E., & Rusmawati, R. (2019). Analisis Wacana: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sulaksono, D. (2019). Analisis Aspek Gramatikal dan Leksikal Iklan Kecik dalam Surat Kabar Solopos. JISABDA, 1(2), 13-21.

Sumarlam. (2009). Editor. Analisis Wacana: Teori dan Praktik. Surakarta: Pustaka Caraka.

Sumasari, Y. J. (2014). Analisis Wacana Iklan Kosmetik di Media Televisi. Pena, 4(1), 51-61.

Tarigan, H. G. (2009). Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

Triandjojo, I. (2008). Semiotika Iklan Mobil di Media Cetak Indonesia. Thesis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Widiatmoko, W. (2015). Analisis Kohesi dan Koherensi Wacana Berita Rubrik Nasional di Majalah Online Detik. Jurnal Sastra Indonesia, 4(1), 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7817

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.