Penggunaan Model AIR MEGA untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kompetensi Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Magelang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas dan kompetensi menulis khususnya dalam pengungkapan pikiran ke dalam bahasa tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran AIR MEGA ((Active, Innovative, Reflective Learning , dan Media Gambar ). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrument tes dan nontes. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Tes berbentuk unjuk kerja menulis teks eksplanasi berbantuan media gambar . Selain itu digunakan pula instrument nontes berupa jurnal, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran AIR MEGA (Active,Innovative,dan Reflective Learning) dan Media Gambar mampu meningkatkan kreativitas yang semula 23,9% menjadi 38,58% dan kompetensi menulis teks eksplanasi yang semula memperoleh ketuntasan belajar 27,78% , pada akhir siklus II menjadi 94,44%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah.,dkk. 1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Grasindo
Ambarwati,Retno. 2017. “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIC SDN 004 Tembilahan Kota”,dalam Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol.6 No.I.
Chen,M. 2010. How do you define the 21st century learning?Education Week Teacher Professional Development Sourcebook,4 (01).
Depdiknas. 2013. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mini Jaya Abadi.
Dewayanti,Sofie. 2018. Panduan Praktis Implementasi Penguatan Karakter (PPK) Berbasis Kelas. Jakarta : Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA)
Fatah,A H.,dkk. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Dasar Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Termokimia” dalam Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang. https://Doi.Org/10.37304/Jikt. Vol.12il.122.
Indarta,Yose.,dkk. 2022. “Studi Literatur:Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan”, dalam Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.4 No.4 Tahun 2022.halm.5762-5772.
Jalaludin. 1997. Psikologi Agama. Jakarta : Grafindo.
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Permana,Deifan dan Dian Indihadi. 2018. “Penggunaan Media Gambar terhadap Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik”, dalam Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol.5 No.1 (2018) 193-205.
Prayoga,Suluh.,dkk. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Reflective Learning untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas 5 SDN Sukodono 03”, dalam Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. JPDP 5 (2)(2019)121-132.
Prihatin,Yulianah. 2019. Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung : Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Pusat Kurikulum. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Ratihwulan,Eva dan Rangga Asmara. 2019.”Peningkatan Motivasi dan prestasi Belajar Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Discokaku Dipadu Gambar Berseri di SMA Negeri 5 Magelang”,dalam Jurnal Transformatika.Vol.3 Nomor 1 Maret 2019.
Saddoen,Arifin. Pengertian Kreatif: Bentuk-Bentuk, Ciri beserta contohnya, https://moondoggiesmusic.com/pengertian-kreatif/#gsc.tab=0
Sadiman,Arif S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Salamadian. 2019. Kreatif & Inovatif: Pengertian, Ciri Ciri dan ContohKreativitas
Inovasi. https://salamadian.com/pengertian-kreatif-daninovatif/
Salfera,Novi. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas VII” dalam Jurnal Educatio Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 3 Nomor 2,2017.
Sancaya,Setya Adi dan Laelatul Arofah. 2022. “Penguatan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Integratif dalam Pembelajaran”, dalam Makalah Semdikjar 5 Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Subyantoro,S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang : Widya Karya.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan. 2019. Model Penilaian Karakter. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Utami,Yunita Setyo.2020. “Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA”, dalam Jurnal Pendidikan dan Konseling. JPdK Volume 2 No 1 Tahun 2020 Universitas Pahlawan.
Yulistiani,Delvia dan Dian Indihadi. 2020. “Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri” dalam Jurnal Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.Vol 7.No.3 (2020)228-234.
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7901
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Eva Ratihwulan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
