Title:


Bentuk Kesalahan Berbahasa Kata Baku pada Media Luar Ruang Papan Pertokoan di Kecamatan Simo, Boyolali


Author:


Mail Khansa Hafidza(1*)
Mail Kundharu Saddhono(2)

(1) Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(2) Universitas Sebelas Maret, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.31002/transformatika.v8i1.8251| Abstract views : 0 | PDF views : 0

Abstract


Bentuk pencerminan kepribadian sebagai warga negara yang baik dapat ditunjukkan melalui penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tetapi pada faktanya masih ditemukan kesalahan penggunaan bahasa yang menyimpang dari aturan. Penggunaan bahasa yang tidak sesuai dengan kaidah masih banyak ditemukan pada ruang publik berbentuk media cetak seperti spanduk, iklan, majalah, selebaran dan lain sebagainya. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai bentuk kesalahan berbahasa pada ruang publik serta menjelaskan penyimpangan dan penggunaan yang benar di Kecamatan Simo, Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, studi kasus dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik simak, rekam dan catat dengan data yang dikumpulkan berupa papan pertokoan, merek dagang, spanduk, iklan dan sebagainya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa papan pertokoan yang ada di Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali masih terdapat kesalahan penulisan ejaan, kata baku, afiksasi maupun tanda baca yang belum sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang berlaku.


Keywords


bentuk kesalahan bahasa, kata baku, media luar ruang

Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Hasibuan, N. S. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada penulisan media luar ruang di wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(1), 14-37.

Amir, F.A.S. (2014). “Anak Muda Media Massa, dan Sikap Berbahasa: Menjaga Mutu Bahasa Indonesia di Era Globalisasi”. dalam Kumpulan makalah rapat koordinasi pemuda penggerak cinta bahasa Indonesia se-Jawa Timur. Surabaya: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Anjarsari, Suwandi, S., & Mulyono, S. (2013). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret. Basastra Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 2 (1): 1-13.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bangun, T. A. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Tulisan Media Luar Ruang di Kota Langsa. Medan Makna: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 14(1), 1-16.

Damayanti, E. (2019). Kesalahan Penggunaan Bahasa pada Iklan Komersial Media Luar Ruang di Kabupaten Kediri. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 85-102.

Ghifary, A. (2014). Efektivitas Penggunaan Media Iklan Baliho Dalam Mensosialisasikan Bahaya Kebakaran Dikota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, 2(3), 26-39.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang Di Kabupatenbojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129.

Hendrastuti, Retno. (2015). Variasi Penggunaan Bahasa pada Ruang Publik di Kota Surakarta (The Language Uses Variation at Surakarta Public Space). Jurnal Kandai. Volume 11. Nomor 1. Edisi khusus, (29-43).

KBBI edisi V Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kridalaksana, Harimurti. (2017). Kamus linguistik. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.

Marselina, S. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Artikel Ilmiah Mahasiswa STIE Alam Kerinci. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 101-106.

Supriani, R., & Siregar, I. R. (2012). Penelitian analisis kesalahan Berbahasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 3(2).

Tutik, T. T. (2017). Restorasi Hukum Tata Negara Indonesia berdasarkan UUD NRI Tahun 1945. Prenadamedia Group.

Wirahyuni, K. (2019). Penilikan Kesalahan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar dalam Konteks Sosial-Masyarakat di Ruang Publik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(1), 68-76.




DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8251


DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8251.g3339

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.