Upaya Meningkatkan Kompetensi Menulis Kembali Dongeng melalui Puzzle Alur Cerita Berbasis Film Dongeng
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindyarini, A., & Ningsih, S. (2008). Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asmara, R. (2017). Rekonstruksi pembelajaran menulis berbasis wacana gender dengan pendekatan persidangan. Transformatika Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(1), 106-122. doi: http://dx.doi.org/10.31002/transformatika.v1i1.248
Asti, P. (2012). Peningkatan kemampuan menulis dongeng melalui penggunaan media komik pada siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Way Lima Pesawaran tahun pelajaran 2012/2013 (Unpublised thesis). Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/6983/1/ABSTRAK.%20PTKdoc.pdf
Azies, F. (2000). Pengajaran bahasa komunikatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Djamaris, E. (2002). Pengantar sastra rakyat Minangkabau. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Djuharie, S. (2001). Panduan membuat karya ilmiah. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. (2003). Kompetensi ketatabahasaan dan kesusastraan cermat berbahasa Indonesia untuk SMA, MA, dan SMK. Bandung: Yrama Widya.
Kriswanti, D. (2009). Peningkatan kompetensi menulis puisi menggunakan media puzzle kata imajinasi pada siswa kelas VII-C SMP Negeri 3 Singorojo Kendal (Unpublished thesis). Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
Mulyana, M. (2005). Kajian wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mulyoto, M. (2006). Kiat menulis untuk media massa. Klaten: Sahabat.
Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra anak pengantar pemahaman dunia anak. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Nurrohmi, R. (2010). Peningkatan kemampuan menulis dongeng dengan menggunakan media gambar berseri acak pada siswa kelas VII E SMP negeri 24 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurudin, N. (2010). Dasar-dasar penulisan. Malang: UMM Press.
Rosati, M. (2016). Pengembangan media puzzle gambar seri untuk keterampilan menulis karangan sederhana bahasa Jerman siswa kelas XII SMA. Laterne, 6(1), 1-8. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/laterne/article/view/14318
Sagami, G.C. (2012). Keefektifan media komik tanpa teks dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa kelas VII SMP negeri 1 Wates (Unpublished thesis). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/1224
Sadiman, A.S., Raharjo, R., Haryono, A., & Harjito, H. (2010). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, L.S., Nursaid, N., & Asri, Y. (2013). Peningkatan menuliskan kembali dongeng dengan teknik CIRC siswa kelas VII.D SMP N 1 Tanjung Emas kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 241-317.
Setiati, E. (2008). 7 jurus jitu menulis buku best seller. Yogyakarta: Andi.
Susanto, H., & Sunarsih, E. (2015). Model pembelajaran cooperative tipe script sebagai upaya meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa SMP. Paper presented at SEMNASPBI (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia) 2015, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6385
Utami, M. (2010). Memilih puisi, membangun karakter. Semarang: Bandungan Institute.
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v2i2.933
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v2i2.933.g802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Rahayu Ningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
