Penerapan Model JIGSAW Memanfaatkan Teknologi Smart TV untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan Kelas VIII di SMPIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Karawang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, H., & Juliana Sukmana, D. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Seri Buku Hasil Penelitian View Project Seri Buku Ajar View Project. CV. Pustaka Ilmu Group
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Apriana, N. T. W. A. (2020). Teks Ulasan. Guepedia.
Aronson, E. (2021). The Jigsaw Classroom. In Pioneering Perspectives in Cooperative Learning (pp. 146–164). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003106760-7
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Farell, G., Ambiyar, A., Simatupang, W., Giatman, M., & Syahril, S. (2021). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1185–1190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.521
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Felita, S. H. S. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.1.8-16
Hamdayama, J. (2016). Metode Pengajaran (Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara.
Ilyas, M. S. (2018). Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru. Al-Aulia, 4. https://doi.org/10.31004/green.v1i2.10
Isjoni, I. (2019). Cooperative learning : Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Alfabeta.
Lestari, K. E. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas (Cetakan 5). Grasindo.
Mashuri, A. (2022). Buku Ajar Statistika Nonparametrik. Inara Publisher.
Mislinawati., M., & Nurmasyitah., N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada SD Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12194
Nurina, F. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Resensi dengan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak Tahun Pelajaran 2017-2018. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.23969/wistara.v4i1.4395
Nursyidah, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan). https://doi.org/10.47766/idarah.v4i2.1039
Pardiyono, P. (2007). Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing Metode Mengajar Writing Berbasis Genre Secara Efektif. ANDI.
Quraisy, A. M. (2021). Analisis Nonparametrik Mann Whitney Terhadap Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. VARIANSI: Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.35580/variansiunm23810
Rachman, F. P. A. putra, Goejantoro, R., & Hayati, M. N. (2018). Penentuan Jumlah Replikasi Bootstrap Menggunakan Metode Pretest Pada Independent Sampel T Test. Jurnal Eksponensial. https://doi.org/10.30872/eksponensial.v9i1.273
Rahmadani, S., Pransiska, R., & Wirman, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Menstempel Dengan Spons Terhadap Kreativitas Pencampuran Warna. Jurnal Ilmiah Potensia. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.95-104
Ramayulis, R. (2015). Filsafat Pendidikan Islam: Analisis Filosofis Sitem Pendidikan Islam. In Kalam mulia.
Restu Adji, M., Arif Prasetyo, M., Katun Nada, L., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.324
Riyanti, D. (2018). Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tentang Teks Ulasan Film/Drama Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.998
Satriani, S. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’. https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590
Septian, A., Gustiana, M., & Wulandari, D. A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.566
Setyawan, D. A. (2021). Buku Petunjuk Praktikum-Uji Normalitas dan Homogenitas Data dengan SPSS. Tahta Media.
Sidik, I. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Kemampuan Menelaah Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTS Al-I’anah. JIWP, 10(3), 356–364. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10638643
Siregar, S. (2015). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Cetakan 5). Nusamedia.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo (ed.); Cetakan 9). Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Sutopo (ed.); Cetakan 9). Alfabeta.
Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya (A. S. Maulida (ed.). Gapura Press.
Swediati, N. B. (2015). Keterbatasan Uji Signifikansi Hipotesis Nol. Buletin Psikologi. https://doi.org/10.22146/bpsi.7432
Tehu, R. M., Manu, T., & Meha, A. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Thorowing Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa di SMP Negeri 11 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Indigenous Biologi : Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi. https://doi.org/10.33323/indigenous.v3i3.122
Wahana Komputer. (2015). Belajar Cepat Analisis Statistik Parametrik dan Non Parametrik dengan SPSS (Maya (ed). ANDI.
Wulandari, T., Putra, R. E., Hakiki, M., Apdoludin, A., & R, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SDN 188/VIII Wiroto Agung Kabupaten Tebo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI). https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.625
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9507
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9507.g3476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dona Putri Khaerunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
