Penggunaan Media Komik Strip Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Anekdot di SMK Muhammadiyah Kajen
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A’yunia, K. W., & Savitri, D. A. (2022). Struktur Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot Pada Video Roasting Oleh Komika Dalam Media Sosial Youtube. Jurnal Unesa, 9(4). Diakses: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/46104
Adiningsih, Y., dan Rohmah, L. S. (2019). Hubungan Penggunaan Instagram Dengan Keterampilan Menulis Iklan Pada Siswa Kelas VIII Mts YPPH Al-Hidayah Ciampea Bogor. Prosiding SemnasFIP. Diakses https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/viewFile/5117/3399
Agustina, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas X SMK Swasta Al Ma’shum Kisaran Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 1(3), 200-208. https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2989
Aisyah, A. S. (2021). Efektifitas Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Bahasa dan Sastra Pengajaran, 2(1), 29-41. https://doi.org/10.31539/literatur.v2i1.3053
Andriani, E. Y. (2023). Inovasi Teks Anekdot Bermuatan Karakter Kedisiplinan Untuk Siswa SMK Kelas X. Patria Education Jurnal, 3(3), 216. https://doi.org/10.28926/pej.v3i3.1147
Aprilia, M. H. (2022). Media Komik Berbasis Kearifan Lokal Kelud Untuk Materi IPS Siswa Sekolah Dasar. Semdikjar: Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 306-307. Diakses: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1531
Astuti, Tri. (2021). Efektivitas Media Komik Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri Karundang 2. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 153. Diakses: https://pustaka.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/download/13124/8086
Aqib, Zainal. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.
Fitria, I. M, & Kuntoro. (2021). Teks Anekdot dalam Web Guru Pendidikan (Pola, Struktur, Pesan Moral, dan Relevansinya bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA Kelas X). Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra,8(2),166. https://dx.doi.org/10.30595/mtf.v8i2.12417
Gagne and Briggs.L.J. (1979). Principles Of Instructional Design. Holt Rinehart and Winston. http://dx.doi.org/10.1007/s11423-007-9060-7
Hambali, F. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Unismuh Makassar. Jurnal Kependidikan Media. 11(1), 34. https://doi.org/10.26618/jkm.v11i1.8000
Idrus, A. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Tanpa Teks Terhadap Keterampilan Menulis Teks Dialog Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar. 1. 489-494. Diakses: https://eprints.unm.ac.id/27102/
Julaeha, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Stand Up Comedy Pada Materi Teks Anekdot Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X.2 SMA Negeri 1 Panggarangan. Desanta: Indonesian Of Interdiscipli Journal. 4(1), 11-16. Diakses: https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/article/view/103/115
Keraf, G. (2007). Diksi dan Gaya Bahasa.Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama
Keraf, G.(2004). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Nusa Indah
Kholifah, S. (2021). Penerapan Metode Role Playing Dengan Multimedia Untuk Peningkatan Kemampuan Keterampilan Bermain Drama Pada Siswa SMP Negeri 2 Buntu Pane Satu Atap Kabupaten Asahan. Journal of Edcuation Technology and Civic Literacy. 1(2), 46. Doi: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v1i2.4455
Kustandi, Cecep. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. KENCANA
Khotimah, H., & Hidayat, N. (2022). Interactive Digital Comic Teaching Materials to Increase Student Engagement and Learning Outcomes. International Journal of Elementary Education, 6(2), 245–258. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.46038
Lasmawan, I. W. (2021). Pengembangan Instrumen Keterampilan Menulis Karangan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Karangan Narasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 95-96. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.262
Miles M. B., Huberman M. A., Saldaña J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications.
Mustofa, & Ihsan. B. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Media Gambar Pada Siswa SMA Nu-1 Model Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Jurnal Metamorfosa. 9 (2), 101-121 https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1422
Nababan, N, S. (2023). Pengaruh Media Visual Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pendidikan Agama Kristen Kelas V SD Negeri 10 Hutagalung Tahun Pembelajaran 2022/2023. Coram Mundo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen. 5(2), 233 https://doi.org/10.55606/corammundo.v5i2.222
Nanda, Rizky. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning dangan pendekatan system pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pembelajaran. 9(2), 72 https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17955
Nurmalenia, C & Arief. E. (2023). Struktur dan Diksi Teks Anekdot Siswa Kelas X SMKN 1 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu Riau. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 37-39 https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.748
Onwuegbuzie, A. J., Abrams, M. L., Abrams, S. S., Cohen Miller, A. S., & Bambrola, A. (2024). A Meta-Framework for Conducting an Integrated Mixed Methods Autoethnography. Journal of Mixed Methods Research. https://doi.org/10.1177/15586898241258803
Permata, I. D. (2022). Pengembangan Media Komik Dengan Tema Motivasi Berprestasi Dalam Layanan Informasi Bagi Mahasiswa. Digital Repository Unila, 28-31. Diakses: https://digilib.unila.ac.id/68500/3/Dwi%20Indah%20Permata.pdf
Prihatin, Y., & Sari. (2021). Problematika Keterampilan Menulis Siswa Kota Jombang Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Jurnalistrendi : Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan. 6 (2), 136-144. https://doi.org/10.51673/jurnalistrendi.v6i2.790
Rahmawati. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Dengan Metode Discovery Learning Pada Siswa Kelas X SMAN 6 Jeneponto. Sastranesia: Jurnal Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia. 11(1), 104-113 https://doi.org/10.32682/sastranesia.v10i1.2989
Ramadhania, D, A. (2022). Penggunaan Metode Pembalajaran Inquiri Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 14244 https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4692
Ramadhania, D. A. (2023). Penggunaan Media Komik terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 7(1), 119-124 https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v7i1.613
Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi. 29(2), 205-215. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614
Rizqieyanti, I. (2023). Makna Pragmatis Pada Judul Artikel Surat Kabar Malut Post Dan Posko Malut. Jurnal Multilingual. 3(2), 201. Diakses: https://doi.org/10.26499/multilingual.v3i2.162
Rohmah, N, & Anom, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Digital Terhadap Motivasi dan Prestasi Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Jurnal Parameter. 34(2), 144 https://doi.org/10.21009/parameter.342.05
Rohayani, A. (2020). Penemuan Terbimbing dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berbasis Karikatur dan Pengaruhnya Terhadap kualitas Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Batujajar Tahun Pelajaran 2017/2018. Wistara, 3(2), 123-131 https://doi.org/10.23969/wistara.v3i2.3732
Rohima, Najwa. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Seri Publikasi Pembelajaran, 1, 4. https://doi.org/10.31219/osf.io/acxe2
Sadikin, H. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDV. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(5). 7142. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7859
Situmorang, Y. M. N. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 166. Doi: https://doi.org/10.23887/jear.v2i2.12190
Soliantini. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Persuasif Melalui Metode Mind Mapping. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra & Pengajaran). 6(2), 327-334 https://doi.org/10.31539/kibasp.v6i2.4883
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Taufina. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di SD. CV. Angkasa
Wati, E. R. (2016) . Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena
Widyaningsih, N., & Triyanto. (2021). Tinjauan Filsafat Pengembangan Media Blog Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X SMA. Jurnal Education, 7, (3), 662. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1156
Yulia, P, & Afni, S. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran PKN. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi. 19(2), 42. Doi: https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Yurmaita & Wardani, D.S. (2021). Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa SD Kelas Iv Dengan Menggunakan Model SAVI. COLLASE, 4 (4), 615-623. https://doi.org/10.22460/collase.v4i4.5529
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9508
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i2.9508.g3477
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Eka Mei Riskiyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
