Title:


Directive Illocutionary Act on English Teacher in Elementary School Sukoharjo 3 Probolinggo (Pragmatics Study)


Author:


Mail Hosnol Wafa(1*)
Mail Indrawati Vahmita(2)

(1) , 
(2) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/metathesis.v1i1.237| Abstract views : 192 | PDF views : 0

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis jenis-jenis tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru bahasa inggris di SDN Sukoharjo 3 Probolinggo. (2) mengetahui penggunaan dominan dari tindak tutur ilokusi direktif yang digunakan oleh guru bahasa inggris di SDN Sukoharjo 3Probolinggo. Penelitian ini membahas pragmatik sebagai dasar teori. Tindak tutur ilokusi direktif dipilih karena sebagian besar dari tuturan pada aktifitas pembelajaran menggunakan jenis, bertanya, berpesan, meminta, mengundang, menyarankan, dan memohon sebagai komunikasi strategi yang digunakan guru bahasa inggris. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif.  Hasil dari penelitian ini ditemukan semua jenis tindak tutur direktif, yaitu bertanya 38 ujaran (49,35%), terdiri dari 5 ujaran yang memberikan konfirmasi, 27 ujaran memberikan informasi dan 6 ujaran menegaskan. 25 ujaran berpesan (32,46%), 4 ujaran meminta (5,19%), 2 ujaran mengundang (2,59%), 4 ujaran menyarankan. Dan ditemukan 4 ujaran memohon (5,19%). Bertanya adalah ujaran yang paling banyak ditemukan karena guru memberikan pertanyaan tidak hanya untuk mendapatkan informasi, tetapi juga untuk mengajak siswa aktif selama proses pembelajaran di kelas.

Kata kunci: Ilokusi, Direktif, Tindak tutur, Guru bahasa inggris, Pragmatik

Full Text:

Pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/metathesis.v1i1.237

Article Metrics

Abstract view : 192 times
Pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching is published by English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia in collaboration with Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia (APSPBI) 

ISSN: 2580-2712 (print) and 2580-2720 (online)

Jalan Kapten Suparman 39 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax (0293) 362438


View My Stats