A Critical Review on Post-Method Era in English Language Teaching for Indonesian Context
Abstract
Kurikulum dan metodologi pembelajaran merupakan konsep inti dalam sistem pembelajaran. Para ahli sepakat bahwa kurikulum merupakan elemen yang lebih luas daripada metodologi pembelajaran. Namun, keduanya saling berkaitan. Sebenarnya, ada beragam metodologi dalam pembelajaran bahasa Inggris tetapi sekarang ini merupakan post- method era dimana tidak ada metodologi yang spesifik yang diklaim sebagai metodologi yang terbaik untuk diimplementasikan. Dalam konteks pembelajaran di Indonesia, kurikulum didesain secara umum oleh pemerintah. Faktanya, faktor yang mempengaruhi pembelajaran yang sangat beragam memerlukan metodologi yang beragam pula untuk diterapkan di dalam kelas. Hal tersebut menunjukkan pentingnya pemerintah memberikan perhatian pada konsep post-method era sehingga desain pembelajaran yang dikembangkan oleh pemerintah dapat lebih fleksibel untuk digunakan dalam konteks yang beragam di Indonesia. Sejalan dengan paparan tersebut, guru sebagai pengembang kurikulum, pelaksana kurikulum, fasilitator dalam pembelajaran, serta peneliti kurikulum, sebaiknya memahami post-method era dalam konteks pendidikan di Indonesia sehingga mereka dapat mengembangkan dan menerapkan kurikulum, memfasilitasi pembelajaran, melakukan penelitian yang sesuai dengan konteks pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengeksplor beberapa isu terkait topik utama yang didiskusikan dalam artikel ini yang meliputi kurikulum, metodologi, hubungan antara kurikulum dan metodologi, pembelajaran bahasa Inggris, post-method era, serta post-method era dalam konteks Indonesia.
Kata kunci: post-method era, pembelajaran bahasa Inggris, konteks Indonesia
Full Text:
PdfDOI: https://doi.org/10.31002/metathesis.v1i1.239
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching is published by English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia in collaboration with Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia (APSPBI)
ISSN: 2580-2712 (print) and 2580-2720 (online)
Jalan Kapten Suparman 39 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116
Phone (0293) 364113 Fax (0293) 362438