Title:


The Role of Genre in Teaching Writing


Author:


Mail Lutfi Ashar Mauludin(1*)

(1) , 
(*) Corresponding Author
10.31002/metathesis.v1i1.240| Abstract views : 231 | PDF views : 0

Abstract


Kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan bahasa Inggris yang harus dikuasai bagi pembelajar bahasa Inggris. Untuk menguasai kemampuan ini, seorang guru perlu menggunakan beragam metode. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Dalam artikel ini dianalisis dua metode yang biasa digunakan dalam pengajaran kemampuan menulis yakni grammar instruction dan genre-based instruction. Di dalam artikel ini, empat penelitian yang berhubungan dengan grammar instruction dan empat penelitian yang berhubungan genre-based instruction dianalisis secara mendalam. Kelebihan dan kekurangan dari setiap metode dielaborasikan untuk mendapatkan informasi metode yang tepat dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Di dalam artikel ini genre-based instruction mempunyai peran yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Kata Kunci: genre, genre-based instruction, grammar instruction, writing skill


Full Text:

Pdf


DOI: http://dx.doi.org/10.31002/metathesis.v1i1.240

Article Metrics

Abstract view : 231 times
Pdf - 0 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Metathesis: Journal of English Language, Literature, and Teaching is published by English Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia in collaboration with Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Se-Indonesia (APSPBI) 

ISSN: 2580-2712 (print) and 2580-2720 (online)

Jalan Kapten Suparman 39 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 56116

Phone (0293) 364113  Fax (0293) 362438


View My Stats