Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kemampuan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Tingkat A1
Abstract
Untuk membantu para siswa memiliki keterampilan berbicara yang baik, diperlukan sebuah kegiatan atau model pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam memahami dan mencerna materi. Penelitian ini bertujuan memaparkan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah pada kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa tingkat A1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur studi dengan mengumpulkan berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel dari penelitian terdahulu yang relevan, peneliti mengobservasi dan menganalisis berbagai sumber secara mendalam dan objektif hingga mendapatkan hasil yang dapat disimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif yang dihasilkan setelah pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, dampak positif ini ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas dan hasil studi yang dilakukan oleh siswa sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa tingkat A1 efektif digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, Putri. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Melalui Media Audiovisual. Repository UPI. 100-103.
Boghossian, P. (2006). Behaviorism, Constructivism, and Socratic Pe- dagogy. Educational Philosophy & Theory, 38 (6). 713-722.
Dewantara, P.M. (2016). Alternatif strategi keterampilan berbicara. Jurnal Santiaji Pendidikan, Nomor 1. 38-49. https://media.neliti.com/media/publications/129551-ID-alternatif-strategi-pembelajaran-keteram.pdf
Dewi, T.L. (2018). Pembelajaran Menyimak Dan Berbicara Bahasa Prancis Xi Tata Boga 2 Smk N 27 Jakarta (Suatu Penelitian Etnografi). Repository UNJ. http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1478
Habeahan, N., Pakpahan, G.N. & Nababan, D. (2024). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Perencanaan Kurikulum. Jurnal Magistra, 2(1). 19-23.
Hamied, F.A (2017). Research Methods: A Guide For First-Tine Researchers. UPI Press.
Institut Français Indonesia. (2016). Mengapa Belajar Bahasa Perancis. www.ifi-id.com/bandung/mengapa-belajar-bahasa-prancis
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: ROSDA.
Maryati, Iyam. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal “Mosharafa”, 7(1). 64. https://media.neliti.com/media/publications/226696-penerapan-model-pembelajaran-berbasis-ma-5edaf5ec.pdf
Ministère de l’Éducation Nationale, de l’enseignement supéieur et de la Reserche. (2016) https://eduscol.education.fr/ressources-2016
Muna, Lailatul. & Mujianto, Gigit. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. AoEJ: Academic of Education Journal, 12(2). 359-366. https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/download/1661/1453
Permana, E.P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2). 137.
Pratiwi, C.J., Istiyati, Siti., Hartono. 2014. Pendekatan Scientific dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal FKIP UNS, 2(11). 1-4. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/4000
Rahayu, S.P. (2019). Dasar-dasar Filosofis Metode Pembelajaran Bahasa Prancis sebagai Bahasa Asing di Indonesia. Diksi, 27(2). 168-176. DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v27i2.23093
Rosita, Diana. (2022). Aplikasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Membaca Bahasa Prancis Bagi Mahasiswa. AKSARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 23(1). 137-147. https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/aksara/article/view/20869
Safa, N.S.P (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Prancis Siswa Kelas Xi Sma N 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Digital Repository UNILA. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70288
Santoso, Iman. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: Antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1). 3. Https:/ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP
Suryaman, M., Musfiroh, T. & Purbani, W. (2020). Kurikulum Pendidikan Bahasa Dalam Perspektif Inovasi Pembelajaran. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1). 165-167.
Syibli & Abdul. (2015). Penerapan Metode Pqr4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SDN Pengampon II Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Guru MI. 2(2).
Tagliante, Christine. 1994. La Classe de Langue. Paris: CLE International. 6-7.
TÉLUQ – Université à Quebec. (n.d). LES TYPES DE LECTURE. https://gerflint.fr/Base/Algeriel12/nabila_tatah.pdf
DOI: https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8316
DOI (PDF): https://doi.org/10.31002/transformatika.v8i1.8316.g3333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Allyza Bunga Andhini, Dudung Gumilar, Iis Sopiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
